POSMETRO

Tuesday, November 15, 2011

Sate Jamur Hadir di Batam "Sehat, Higienis dan Lezat"


BATAM,BISNIS : Jamur, semua kita pasti mengenal tumbuhan kerdil yang kerap tumbuh di tempat-tempat yang lembab ini. Tapi tak semua kita mengetahui dengan rinci jenis-jenis jamur dan manfaat dari masing-masingnya. Sejaun ini kita hanya mengatahui kalau ada beberapa jenis jamur yang enak jika dimasak sop. Padahal layaknya tumbuhan lain, jamur juga nikmat jika disajikan dalam menu tumis, ongseng-ongseng, bahkan dijadikan sate.

Kenikmatan dan keunikan tekstur jamur inilah yang dimanfaatkan oleh Soleh dalam memulai usaha kulinernya yang bertempat di Angkringan Mega Legenda, Batamcentre. Di tempat yang memiliki keindahan pemandangan disaat malam itu, Soleh menyajikan sate jamur untuk menjamu para pelanggannya.


"Ini sate jamur pertama yang ada di Batam. Bahkan di daerah lain pun menu sate jamur ini masih sangat-sangat jarang," ungkap Soleh dengan senyum lebar.

Dijelaskannya, jamur memiliki citarasa tersendiri. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat ia lebih nikmat jika dibandingkan dengan ayam maupun sapi yang lazim dijadikan bahan dasar sate.

"Kalau rasa jangan ditanya, jamur ini lebih enak dari ayam bahkan kambing. Dari segi kesehatan, jelas jamur jauh lebih sehat, karena ia tidak mengandung lemak hewani dan kolesterol," jelas Soleh.

Agar hasil yang disajikan maksimal, Soleh juga tidak asal memilih jamur. Ia memeriksa satu persatu jamur yang dibelinya. "Jamur-jamur itu lalu dicuci bersih, lalu direbus sekitar lebih kurang lima menit sehingga tingkat kematangannya sempurna.

"Jamur ini berbeda dengan daging sapi, ayam atau kambing. Jamur jika semakin lama dimasak, maka akan semakin kenyal. Nah, kalau terlalu kenyal pun jadi tidak enak, karena akan alot atau keras," sambungnya.

Usai direbus, giliran jamur dililit tusuk sate, baru kemudian dipadukan dengan bumbu baru dibakar. Layaknya sate-sate lainnya, sate jamur dalam penyajiannya juga disiram dengan kuah kacang dan ditabur dengan bawang goreng serta timun yang membuar hidangan semakin segar dan istimewa.

"Saya berharap kedepannya jamur bisa berkembang dan banyak dikenal oleh masyarakat, karena jamur ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit gula. Karena dia mengandung anti virus oksidan tinggi," sambungnya.

Soleh mengatakan saat ini ia tengah mengembangkan pengolahan-pengolahan jamur menjadi makanan lain yang jauh lebih enak tapi juga ringan, seperti keripik jamur dan jamur crispy. Nah, aat ini warung Sate Jamur Soleh memberikan promo bagi para konsumennya. Ya setiap pembelian tiga porsi sate jamur maka aka mendapat satu porsi secara gratis."Atau bisa juga ditukar dengan voucer sate jamur yang berlaku seminggu. Jadi kalau beli lagi bayarnya dengan voucer saja," jelasnya.

Nah, bagi yang makan di lesehan Sate Jamur, Soleh memberikan gratis teh hangat. "Mau makan satu porsi atau 10 posrsi, pokoknya masing-masing porsi kita kasih gratis teh hangat," paparnya.
Satu porsi kecil sate jamur dijhargai Soleh Rp9 ribu, sedangkan untuk porsi besar hanya Rp18 ribu. Warung ini buka mulai pukul 16.00 WIB hingga tengah malam.(mb)

2 comments:

  1. wah infonya kurang lengkap neh,...alamatnya dimana nmr hp nya juga gak di cantumin..

    ReplyDelete